Seputar Lubang Hitam dan Fakta - Faktanya yang Kita Tidak Ketahui


black hole,benda langit


Lubang hitam diketahui merupakan sebuah lingkaran supermasif diangkasa yang memiliki tarikan gaya gravitasi yang sangat kuat sehingga dapat menarik benda-benda didekatnya dan menyedotnya kedalam lubang tersebut. Lubang Hitam sangatlah gelap. Semua materi apabila memasuki lubang tersebut akan hancur dan takkan kembali lagi. Bahkan cahaya sekalipun yang masuk kedalam lubang hitam tersebut bisa dihancurkan akibat saking gelapnya lubang hitam tersbut.

Banyak peneliti brpendapat tentang bagaimana lubang hitam bisa terbentuk. Namun, hal tersebut masih merupakan tanda tanya karena belum ada cara yang pasti untuk menentukan hal tersebut. Dari sekian banyak peneliti ada yang menyimpulakan bahwa lubang hitam tersebut terbentuk dari sebuah bintang yang bahan bakarnya telah habis dan menjadi sangat gelap karena tidak lagi memancarkan cahaya. Walaupun begitu bintang tersebut tetap hidup sehingga terbentuk lah medan magnet yang sangat kuat dari bintang tersebut dan menyedot semua benda-benda langit yang mendekatinya.

Banyak yang bertanya, apakah lubang hitam dapat tumbuh dan berkembang ? jawabannya adalah “iya”. Lubang hitam dapat bertambah besar dan akan selalu bertambah besar. Inilah beberapa fakta tentang lubang hitam :

1.    Lubang Hitam Dapat Meledak
ternyata lubang hitam dapat meledak. Tercatat rekor ledakan terbesar lubang hitam pada tanggal 3 desember 2012.
Pengamatan dari tim astronom merekam suatu ledakan hebat pada lubang hitam yang tercatat sebagai rekor ledakan terbesar yang pernah ada. Ledakan ini membuat lubang hitam memuntahkan gas dan debu dengan radius melebihi 11,5 juta tahun cahaya. 1 detik cahaya saja mencapai 300.000 km. Sedangkan, 1 jam 3600 detik , 1 hari 24 jam ,dan 1 tahun 365 hari. Untuk mengetahui jarak dalam km hanya perlu kita kalikan saja. Masya allah.
Dengan teleskop dari European Southern Observatory di Cili, mereka dapat sampai mengukur dan memberikan perhitungan kasar mengenai kecepatan dan hal lain aliran yang keluar dari letusan tersebut. "Kami menemukan ledakan terdahsyat yang pernah diamati, setidak-tidaknya lima kali lebih kuat daripada yang pernah terjadi sebelum ini, sangat mengejutkan," ujar Nahum Arav, seorang astronom asal Virginia Tech, Amerika Serikat.

2.    Lubang Hitam Mampu Menelan Seluruh Tata Surya
Ternyata lubang hitam bukan hanya menelan bintang-bintang , tetapi juga dapat menelan seluruh tata surya dan menghancurkannya yang kemudian disemburkan kembali. Ilmuwan menduga semburan ini berperan dalam evolusi galaksi.

3.  Lubang Hitam dapat Memanaskan Tata Surya
     Ternyata lubang hitam atau black hole dapat menyebabkan temperatur di luar angkasa meningkat hingga sepuluh kali lipat.
penelitian terkini oleh para ilmuwan di Heidelberg Institute of Theoretical Studies (HITS) menemukan bahwa yang tersebar di alam semesta dapat menyerap sinar gamma dari lubang hitam dan hal ini memanaskan lubang hitam tersebut.Hasilnya, temperatur gas di ruang angkasa turut meningkat hingga sepuluh kali lebih panas dari suhu biasanya. Bahkan di beberapa situasi panasnya dapat meningkat hingga 100 kali. Gas yang menjadi panas ini akan lebih lambat untuk menyatu dan membentuk sebuah planet atau bintang. Peristiwa ini membuat pembentukan galaksi kerdil menjadi lambat dan tertekan. Pemanasan ruang angkasa ini dapat memberikan perkembangan atas teori dari pembentukan galaksi.